Selasa, 12 Maret 2013

Prinsip the Customer is King


          Hormati dan perlakukan setiap pelanggan seperti seorang  raja. Penjual harus menyediakan diri dan membantu melayani pelanggan tanpa merasa jemu dan mengeluh. Layanilah pelanggan seperi yang ia harapkan sehingga merasa puas.
           Dibawah ini dikemukakan 11 pernyataan yang harus dipelajari oleh penjual dalam prinsip the customer is king, yaitu:
1.       Pembeli adalah orang penting dalam dunia usaha.
2.       Pembeli tidak tergantung pada kita, justru kita tergantung padanya.
3.       Pembeli bukan pengganggu terhadap pekerjaan kita, tetapi sebaliknya sebagai tujuan usaha.
4.       Pembeli berbuat kepada kita sebagai suatu hal yang menyenangkan, janganlah kita berbuat sesuatu yang tidak menyenangkan.
5.       Pembeli adalah sebagian dari usaha dan kegiatan kita.
6.       Pembeli bukanlah sebuah benda yang beku, melainkan seorang manusia berdarah daging dengan perasaan dan emosinya, seperti kita sendiri.
7.       Pembeli bukanlah lawan berdebat, tetapi kawan-kawan yang bersahabat.
8.       Pembeli seseorang yang membawa kebutuhan kepada kita dan merupakan pekerjaan kita untuk memenuhinya
9.       Pembeli adalah orang yang harus dilayani dan di mengerti dengan penuh perhatian.
10.   Pembeli adalah orang yang memungkinkan membuat keuntungan bagi pendapatan kita.
11.   Pembeli adalah jiwa penghidupan bagi dunia usaha.
    Argumen-argumen tersebut dapat dipakai sebagai pegangan bagi penjual dalam menghadapi pembelinya dengan sebaik-baiknya, tidak ada salahnya apabilakita dapat menghapal nama-nama para pelanggan kita.

Sumber: Alma, Buchari. 2008. Kewirausahaan. Alfabeta: Bandung
                                                                                                                                                                            

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar