Hormati dan perlakukan setiap pelanggan seperti seorang raja. Penjual harus menyediakan diri dan
membantu melayani pelanggan tanpa merasa jemu dan mengeluh. Layanilah pelanggan
seperi yang ia harapkan sehingga merasa puas.
Dibawah ini dikemukakan 11 pernyataan yang harus dipelajari oleh penjual
dalam prinsip the customer is king, yaitu:
1.
Pembeli adalah orang
penting dalam dunia usaha.
2.
Pembeli tidak
tergantung pada kita, justru kita tergantung padanya.
3.
Pembeli bukan
pengganggu terhadap pekerjaan kita, tetapi sebaliknya sebagai tujuan usaha.
4.
Pembeli berbuat
kepada kita sebagai suatu hal yang menyenangkan, janganlah kita berbuat sesuatu
yang tidak menyenangkan.
5.
Pembeli adalah
sebagian dari usaha dan kegiatan kita.
6.
Pembeli bukanlah
sebuah benda yang beku, melainkan seorang manusia berdarah daging dengan
perasaan dan emosinya, seperti kita sendiri.
7.
Pembeli bukanlah
lawan berdebat, tetapi kawan-kawan yang bersahabat.
8.
Pembeli seseorang
yang membawa kebutuhan kepada kita dan merupakan pekerjaan kita untuk
memenuhinya
9.
Pembeli adalah orang
yang harus dilayani dan di mengerti dengan penuh perhatian.
10.
Pembeli adalah orang
yang memungkinkan membuat keuntungan bagi pendapatan kita.
11.
Pembeli adalah jiwa
penghidupan bagi dunia usaha.
Argumen-argumen tersebut dapat dipakai
sebagai pegangan bagi penjual dalam menghadapi pembelinya dengan
sebaik-baiknya, tidak ada salahnya apabilakita dapat menghapal nama-nama para
pelanggan kita.
Sumber: Alma, Buchari. 2008. Kewirausahaan.
Alfabeta: Bandung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar